Wednesday, April 17, 2013

0 Pengertian .HTML, .XHTML dan Perbedaan Keduanya

Date: Wednesday, April 17, 2013 5:49 PM
Category:
Author: ™Cpk-Cyber™
Share:
Responds: 0 Comment
Pengertian HTML dan Contohnya

Posted on October 14, 2012 by sitiwittyariyanti
Standard
HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang bertujuan untuk menampilkan halaman pada suatu web browser. Pada dasarnya tag-tag HTML selalu diawali dengan tag pembuka <x> dan diakhiri dengan tag penutup </x>  dimana x adalah tag HTML seperti b, i, u dan sebagainya. Namun ada juga tag yang tidak diakhiri dengan tanda penutup seperti tag <br/>, <input> dan lain-lain. Umumnya sebuah halaman website akan diapit oleh tag <html>…….</html>.
File-file HTML selalu berakhiran dengan ekstensi .htm atau .html. Jadi jika anda mengetik sebuah naskah dan menyimpannya dengan ekstensi .html maka anda membuat file yang berformat HTML.
Suatu contoh jika Anda mengetik sebuah document dengan software apapun kemudian anda menyimpannya dengan extensi .html (contoh: myfile.html ) maka itu artinya anda telah membuat file yang berformat HTML.
Berikut ini adalah contoh penerapan html :

<!DOCTYPE html>
<html>
  <head>
    <title>Judul HTML</title>
  </head>
  <body>
    <p>----- ISI TEXT DISINI -----</p>
  </body>
</html>


Pengertian XHTML

XHTML adalah singkatan dari Extensible Hyper Text Markup Language yang merupakan gabungan dari html (Hyper Text Markup Language) dan xml (Extensible Markup Language). Xhtml merupakan versi diatas html, penulisan kode menggunakan bahasa xhtml haruslah disusun secara rapi dan tertib. Semua elemen pembuka pada xhtml harusah ditutup, ini berbeda dengan html. Keunggulan menggunakan xhtml adalah dapat digunakan pada perangkat selain komputer, musalnya HP dan lainnya. Itu sebabnya Mywapblog penggunaan xhtml karena memang di khususkan untuk pengguna HP atau ponsel.


Perbedaan antara xhtml dan html
Dari kedua pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa perbedaan keduanya terdapat pada bahasa xhtml yang harus disusun rapi, tertib dan teratur. Perbedaan yang kedua xhtml dapat di gunakan untuk perangkat selain komputer sedangkan html harus menggunakan komputer. Mywapblog menggunakan XHTML karena memang layanan blog nya didesain untuk keperluan HP atau ponsel.

Artikel Terkait :



Post a Comment

Info Page Load Timer