Thursday, November 15, 2012

0 KBBI offline

Date: Thursday, November 15, 2012 9:02 PM
Category:
Author: ™Cpk-Cyber™
Share:
Responds: 0 Comment




KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) versi 1.1 ini merupakan versi offline dari KBBI Daring ( edisi III) yang ada di PusatBahasa (http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/). Dibanding versi online Kamus ini mempunyai beberapa keunggulan, dan selain itu Kamus ini Gratis (freeware) dan bebas disebarluaskan dengan syarat tidak mengubah software.
Ide untuk membuat kamus versi offline ini muncul ketika melihat situs KBBI tersebut, dan sekalian me-review ulang delphi programming yang sudah agak lama tidak terpakai lagi. Database diambil dari website dengan otomatisasi program yang juga dibuat dengan Delphi 7 personal. KBBI v1.1 ini bersifat portable sehingga tinggal download dan jalankan, tanpa perlu install.

Penggunaan dan Fitur

Sengaja tidak ada petunjuk penggunaan atau file bantuan, karena penggunaannya sangat mudah, tinggal memasukkan kata yang akan dicari dan tekan enter atau klik tombol cari, maka akan ditampilkan arti kata yang dimaksud jika ada.
Arti yang ditampilkan sudah di format sedemikian rupa agar memudahkan pengguna membaca dan mencari definisi kata yang dimaksud. Dua kolom sebelah kiri merupakan hasil kata pencarian, dengan penjelasan :
Kolom atas merupakan daftar kata yang merupakan kata dasar
Kolom kedua merupakan hasil pencarian, tetapi tidak didapatkan pada kata dasar tetapi pada kata turunan atau majemuk ( di istilahkan dengan sub lema kalau tidak salah)
Bagian Kanan merupakan definisi kata yang ditampilkan dengan warna yang memberikan arti sebagai berikut :

- Warna merah dengan latar kuning adalah lema (kata dasar)
- Warna merah dengan nomor adalah banyaknya arti aatu definisi kata
- Warna merah saja tanpa latar merupakan sub lema atau kata turunan
- Warna biru adalah jenis kata atau termasuk dalam istilah apa
- Warna hitam adalah arti atau definisi kata
- Warna hijau adalah contoh penggunaan kata dalam kalimat
- Warna ungu adalah contoh dalam peribahasa
- Warna hitam dengan background hijau merupakan hasil pencarian yang terdapat pada sub-lema atau kata turunan

Jika ada masukan, saran, kesalahan tampilan atau program,silahkan disampaikan. Bagi yang ingin mengupload di (blog/website) tempat lain, diharap untuk tetap mencantumkan link ke ebsoft.web.id atau ke tulisan ini. Semoga KBBI offline ini bisa bermanfaat.

Download KKBI gratis dibawah ini dengan ukuran 3.2 MB.

Via EmpatShared : download
Via Kotak.Net : download

Artikel Terkait :



Post a Comment

Info Page Load Timer